Esensial patchouli

PATCHOULI

ROSEVARA PATCHOULI ESSENTIAL OIL

Patchouli essential oil (minyak esensial atau minyak atsiri nilam) berasal dari spesies tanaman dengan genus Pogostemon. Merupakan bagian dari keluarga labiatae, nilam (patchouli) memiliki kekerabatan dengan lavender, mint dan sage. Minyak nilam banyak digunakan dalam industri wewangian dengan kualitas tergantung pada usia bahan baku dan lama penyimpanan. Jadi seperti anggur, aroma minyak nilam cenderung semakin baik seiring waktu penyimpanan yang lebih lama.

MANFAAT & PENGGUNAAN MINYAK NILAM

Nilam merupakan tanaman asli daerah tropis di Asia, dan kini secara luas dibudidayakan di Cina, India, Malaysia, Indonesia, Mauritius, Filipina, Taiwan, Thailand dan Vietnam.

Senyawa yang terkandung dalam minyak nilam (patchouli oil) termasuk alpha patchoulene, beta patchoulene, alpha guaiene, alpha bulnesene, caryophyllene, norpatchoulenol, patchouli alcohol, seychellene dan pogostol.

Patchouli berasal dari kata Hindustan “pacholi” yang berarti “untuk mengharumkan.” Pada tahun 1880-an, syal dan kain India memang banyak yang diberi wewangian dengan minyak nilam (patchouli oil). Minyak esensial terkenal ini memiliki reputasi sebagai aroma yang digunakan generasi hippy. Minyak nilam banyak digunakan dalam industri wewangian dengan kualitas tergantung pada usia bahan baku dan lama penyimpanan. Jadi seperti anggur, aroma minyak nilam cenderung semakin baik seiring waktu penyimpanan yang lebih lama.

Manfaat Patchouli Oil
Terdapat begitu banyak manfaat kesehatan dan kecantikan dari hanya beberapa tetes minyak nilam.

Beberapa manfaat paling umum dari minyak esensial nilam (patchouli essential oil) meliputi :

  • Melawan depresi,  Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Bekerja sebagai deodoran alami
  • Menghentikan pertumbuhan jamur,  Mengurangi peradangan,  Meningkatkan suasana hati
  • Memperkuat rambut,  Melawan infeksi,  Menghilangkan ketombe,  Merawat kulit secara umum
  • Menolak serangga,  Merangsang hormon,  Mengurangi demam
Patchoui Nilam

KEGUNAAN PATCHOULI OIL :
1. Antidepresan
Minyak nilam (patchouli oil) umumnya digunakan dalam aromaterapi karena sifat antidepresannya. Menghirup minyak nilam mendorong pelepasan serotonin dan dopamin; hormon yang mengurangi perasaan marah dan kecemasan. Inilah sebabnya mengapa minyak nilam sering digunakan selama berdoa atau meditasi karena memicu suasana ketenangan.

2. Mengurangi Peradangan
Minyak nilam (patchouli oil) memiliki sifat antiphlogistic, yang berarti memiliki kekuatan untuk menenangkan peradangan dalam tubuh. Dengan peradangan merupakan akar dari banyak penyakit, minyak nilam dapat mengatasi peradangan internal dan kondisi seperti arthritis dan gout, sekaligus mengatasi peradangan eksternal dalam bentuk infeksi kulit atau iritasi.

3. Mencegah Infeksi
Terdapat risiko luka kecil menjadi terinfeksi dan menyebabkan masalah yang lebih besar, seperti tetanus. Minyak nilam (patchouli oil) bersifat antiseptik, yang berarti melindungi luka pada kulit dari infeksi.

4. Membantu Sistem Metabolik
Minyak nilam (patchouli oil) merupakan tonik, yang berarti membantu menjaga fungsi hati, perut dan usus tetap sehat. Minyak ini meningkatkan kemampuan tubuh untuk menguraikan makanan dan menyerap nutrisi dengan baik, sehingga berdampak positif pada sistem pencernaan.

5. Merangsang Hormon
Minyak nilam (patchouli oil) memiliki kemampuan merangsang hormon dan meningkatkan libido atau dorongan seks. Minyak ini dianggap sebagai salah satu solusi alami untuk impotensi dan disfungsi ereksi. Digunakan sebagai afrodisiak selama bertahun-tahun, minyak nilam meningkatkan kadar testosteron dan estrogen, sehingga memiliki dampak besar pada hubungan intim Anda.

6. Memperkuat Rambut dan Kulit
Minyak nilam (patchouli oil) merangsang kontraksi otot, sehingga mencegah rambut rontok atau kulit kendur. Minyak nilam meregenerasi sel-sel kulit sehingga membuat kulit tampak muda, sehat dan bersemangat. Minyak ini cocok untuk semua jenis kulit – kering, kulit pecah-pecah hingga kulit berminyak atau berjerawat – serta memiliki manfaat penyembuhan dan anti kuman.

7. Menyamarkan Bekas Luka
Karena memiliki sifat penyembuhan, minyak nilam (patchouli oil) meminimalkan tampilan bekas luka atau bekas jerawat, luka, campak, cacar atau bisul. Anda bahkan dapat menyembuhkan gigitan serangga dengan minyak esensial ini. Untuk mempercepat proses penyembuhan dan menyamarkan bekas pada kulit, gosokkan 2-3 tetes minyak nilam ke tangan dan kemudian oleskan ke daerah bekas luka.

8. Mengurangi Insomnia
Sangat penting memiliki sesi tidur malam yang berkualitas. Tidur yang cukup memiliki dampak positif pada setiap sistem dalam tubuh. Karena merupakan obat penenang, minyak nilam (patchouli oil) membantu menyembuhkan insomnia serta membuat pikiran dan tubuh santai sehingga memungkinkan Anda beristirahat dengan baik.

9. Pengusir Serangga
Beberapa tetes minyak nilam (patchouli oil) akan mencegah serangga untuk mendekat. Gunakan minyak nilam dalam semprotan, lotion dan vaporizer untuk mengusir nyamuk, kutu, semut, ngengat dan lalat.

10. Meringankan Demam
Minyak nilam (patchouli oil) memiliki manfaat melawan demam dan flu. Minyak ini mampu mengurangi peradangan dan mencegah infeksi, sekaligus menurunkan suhu tubuh dan mengurangi rasa nyeri yang terkait dengan demam.

11. Deodorant Alami
Minyak nilam (patchouli oil) memiliki aroma manis, musky dan aroma seperti rempah sehingga bisa digunakan untuk menyamarkan bau badan secara alami. Minyak ini juga membunuh kuman dan melawan jamur, sehingga membuatnya menjadi deodorant alami.

12. Diuretik Alami
Minyak nilam (patchouli oil) meningkatkan frekuensi buang air kecil (diuretic alami) sehingga bermanfaat mengurangi kelebihan garam, air dan asam urat, sehingga baik untuk membersihkan kantong empedu, ginjal dan bahkan hati. Racun yang terbuang dari tubuh akan menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol secara alami dan meningkatkan nafsu makan.

Perhatian :
Penggunaanya harus secara hati-hati, karena minyak yang satu ini sangat kuat. Cukup hanya beberapa tetes dan harus diencerkan terlebih dahulu sebelum di oleskan atau dikonsumsi.

Cara pakai aromaterapi patchouli :
1. Menggunakan Diffuser Aromaterapi untuk dihidupkan diruangan kerja atau kamar.
2. Ditetes di tangan digosok lembut dan dihirup dengan lembut di hidung
3. Dijadikan minyak terapi. Diencerkan dengan minyak zaitun dengan perpandingan 2 sendok makan ( 10 ml ) ditambah 2 tetes atau lebih Rosevara Patchouli lalu Balurkan didaerah tubuh yang tidak nyaman.
4. Mandi Minyak Essential Patchouli 1 ember 20 liter air hangat dicampur dengan 5 tetes minyak Patchouli.

Harga Rp. 75.000  isi 6 ml